May 15, 2012

SPSS


Buku ini terdiri dari lima bagian yaitu Pendahuluan, Statistik Deskriptif, Statistik Univariate, Statistik Bivariate, dan Statistik Multivariate. Aplikasi statistik yang digunakan dalam buku ini adalah SPSS for Windows versi 19. Penggunaan SPSS sebagai aplikasi komputer statistik tidak lepas dari kenyataan bahwa aplikasi ini masih paling populer bagi pengguna. 
Materi pertama dalam buku ini adalah pengenalan dan contoh penggunaan skala pengukuran data nominal, ordinal, interval, dan rasio (Bab 1). Pemahaman akan skala pengukuran sangat penting karena model dan uji statistik (Bab 2) yang dipilih peneliti sangat berkaitan dengan ukuran data yang digunakan. Setelah mengenal skala pengukuran dan uji statistik yang bisa digunakan, Bab 3 berisi materi cara menggunakan SPSS untuk membuat variabel dan melakukan input data.
Sebelum menggunakan berbagai uji statistik, Bagian II berisi pemanfaatan SPSS dalam menggambarkan data menggunakan Descriptive, Frequencies, Crosstab, Case Summaries in Rows, Case Summaries in Columns, OLAP CUBES, serta pembuatan grafik.
Bagian III berisi statistik untuk satu variabel yaitu univariate yang terdiri dari uji 1 sampel, uji 2 sampel bebas dan terikat, serta uji untuk 3 atau lebih sampel.  Pembahasan dilanjutkan di Bagian IV untuk uji 2 variabel (bivariate) dengan skala nominal, ordinal, interval, serta rasio.
Bagian terakhir adalah statistik multivariate yang digunakan untuk menguji hubungan simultan lebih dari dua variabel. Dengan keterbatasan waktu yang dimiliki penulis, bagian ini hanya berisi sedikit dari banyak statistik multivariate yang ada yaitu regresi linier berganda, regresi logistik, analisis faktor, cluster, multidimensional scaling, dan correspondence analysis. Insya Allah, pada saatnya nanti penulis bisa menghadirkan buku khusus untuk statistik multivariate.